Post Icon

jurnal 3


Analisis 3
Tema : perhitungan harga pokok produksi dan pesanan
Pengarang : Betaria Hutajulu, 40299315
Judul: PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING PADA   PT. ALPHA TUNGGAL SEJAHTERA

            Penggunaan harga pokok produksi dengan metode full costing mempunyai peranan penting dalam keputusan manajemen untuk menentukan harga jual suatu produk. Tujuan yang ingin  dicapai penulis alam penulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi dan harga jual menurut perusahaan maupun menurut teori Akuntansi serta mengetahui pembebanan BOP dalam proses produksi.
            Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi lapangan dan studi pustaka dimana data dan keterangan yang diperoleh melalui wawancara langsung dngan pihak yang berkaitan dengan data yang dibutuhkan serta dengan membaca buku-buku yang ada hubungannya dengan penulisan ilmiah.
            Perhitungan biaya pokok produksi dan penentuan harga jual baik menurut perusahaan maupun menurut teori Akuntansi biaya masih terdapat selisih. Hasil perhitungan yang dilakukan menurut hasil perusahaan lebih kecil dibandingkan dengan perhitungan menurut metode full costing. Oleh sebab itu sebaiknya perusahaan dalam menentukan biaya pokok produksi dan harga jual menggunakan metode full costing agar dalam perhitungan biaya produksi dan harga jual lebih tepat.


Daftar Pustaka ( 1992 – 1999 )
1.1.      Latar Belakang  Masalah
Dalam menjalankan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi tujuan utama dari perusahaan tersebut adalah mencari laba. Agar perusahaan dapat berkembang dan mempertahankan kelangsungan hidupnya, maka perusahaan berusaha untuk mendapatkan laba yang optimal dari setiap unit usaha yang dikerjakannya. Besar kecilnya laba yang dihasilkan merupakan ukuran kesuksesan perusahaan dalam mengelola sumber daya alam yang ada di perusahaan.
Untuk memenuhi laba yang diharapkan oleh perusahaan tentunya sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan dan laba diantaranya adalah: biaya produksi, jumlah atau kuantitas penjualan dan harga jual produk. Dari faktor tersebut,yang sangat penting dalam hal ini adalah biaya produksi.
Pengendalian  atas biaya produksi adalah  pengendalian biaya yang terdiri dari bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, serta biaya overhead pabrik yang dihitung dengan cara membandingkan biaya yang telah diterapkan dengan biaya yang sebenarnya.
Pengeluaran biaya yang sangat besar tentunya diharapkan akan menghasilkan pendapatan yang besar pula sehingga laba yang dihasilkan akan meningkat, tetapi hal ini  tidak lepas dari kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
Untuk mempertahankan usahanya PT. Alpha Tunggal Sejahtera perlu menetapkan harga jual yang sangat sesuai dengan dengan kualitas produk yang dihasilkan, serta sesuai dengan harga jual produk lain yang sejenis yang diproduksi oleh perusahaan lain. Dalam menentukan harga pokok jual perusahaan tidak menggunakan metode tertentu. Perusahaan masih menggunakan cara hitung yang bersifat tradisional. Harga jual sangat berkaitan dengan dengan kualitas produk, apabila harga jual yang ditetapkan oleh perusahaan tinggi, maka kualitas produk yang dihasilkan harus lebih baik, karena dengan kualitas yang baik akan mengakibatkan peningkatan omset penjualan. Dengan meningkatnya omset penjualan, maka pendapatan perusahaan juga akan meningkat, diharapkan perusahaan tersebut dapat mempertahankan kelangsungan hidup  perusahaannya.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis mengetengahkan bahasan mengenai “Perhitungan Harga Pokok Produksi Untuk Menentukan Harga Jual Pada PT. Alpha Tunggal Sejahtera”.

1.2.      Rumusan Masalah
Dari uraian diatas, maka penulis menentukan rumusan masalah mengenai bagaimanakah cara untuk  menetapkan harga pokok produksi dalam pembuatan cat minyak pada PT. Alpha Tunggal Sejatera. Berapakah harga jual per-unit dari produk cat tersebut, dan apakah cara yang sudah dilakukan sudah tepat.

1.3.      Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini, penulis akan membatasi masalah pada perhitungan harga pokok produksi melalui pendekatan full costing untuk menetapkan harga jual produk cat minyak  pada PT. Alpha tunggal Sejahtera dengan menggunakan metode Cost-plus Pricing pada tahun 2002.

1.4.      Tujuan Penulisan
Adapun Tujuan penulisan ini, yaitu :
1.      Untuk mengetahui cara penetapan harga pokok poduksi dalam proses pembuatan cat minyak.
2.      Untuk mengetahui harga jual per-unit dari produk cat minyak tersebut.
3.      Untuk mengetahui apakah cara perhitungan harga pokok produksi untuk menentukan harga jual pada PT. Alpha Tunggal Sejahtera  tersebut sudah tepat.



1.5.      Metode Penelitian

Studi Lapangan
a.      Observasi
Adalah proses pengumpulan data yang  diperoleh melalui pengamatan secara langsung pada perusahaan yang bersangkutan.
b.      Wawancara
Adalah proses pengumpulan data yang diperoleh melalui Tanya jawab atau wawancara secara langsung pada obyek yang akan diteliti yang berhubungan dengan penulisan ilmiah ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar