Post Icon

jurnal 1


Jurnal 1
Tema : perhitungan harga pokok produksi dan pesanan
Pengarang : Etti Koesumawati 20200657
Judul : PERHITUNGAN HARGA POKOK PESANAN PAKAIAN ANAK UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL PADA PERUSAHAAN KONVEKSI ATIK

            Pada penulisan ini diuraikan bahwa perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan melakukan perhitungan harga pokok pesanan untuk menentukan harga jual. Penulisan ini untuk mengetahui besarnya harga pokok produksi dan penentuan harga jual yang akan dibebankan kepada pemesan.                      Dalam penulisan ini, metode yang digunakan dalam perhitungan harga pokok pesanan adalah yang diterapkan oleh perusahaan yang selanjutnya akan dibandingkan dengan metode full costing dalam penentuan harga jual dan dari hasil perhitungan tersebut akan diketahui mana yang akan lebih menguntungkan dalam penentuan harga jual, sehingga akan diketahui laba yang akan diperoleh.
            Perusahaan sebaiknya menggunakan pendekatan full costing dalam penentuan harga pokok produksinya karena perhitungan harga pokok produksi pesanan dengan menggunkan metode full costing lebih akurat dibandingkan dengan metode harga pokok pesanan menurut perusahaan.

Daftar pustaka (1992-1999)  

1.1  Latar Belakang Masalah

Banyaknya perusahaan dan industri yang bergerak dalam bidang yang sama membuat suhu persaingan meningkat tinggi. Bagi suatu perusahaan, memperoleh laba adalah merupakan tujuan utama untuk kelangsungan hidup dan kemajuan perusahaan. Untuk memperoleh laba ada tiga faktor utama didalam perusahaan yang harus diperhatikan, yaitu jumlah barang yang harus diproduksi, biaya perunit untuk memproduksi dan harga jual perunit produk tersebut.Untuk mencapai laba yang optimal, salah satunya adalah memperhatikan faktor biaya yaitu diantaranya harga pokok penjualan diupayakan dapat ditekan seminimal mungkin. Harga pokok masih merupakan faktor yang penting dalam pertimbangan untuk menetapkan harga jual yang nantinya diharapkan untuk memperoleh laba.
Perusahaan perlu mengkalkulasikan biaya produksi sebagai dasar perhitungan harga pokok produksi. Dalam menentukan harga pokok produksi perusahaan dapat menggunakan dua metode yaitu full costing dan variabel costing. Pada metode full costing semua biaya-biaya produksi diperhitungkan baik yang bersifat variabel maupun yang bersifat tetap. Biaya-biaya produksi tersebut yaitu terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik baik yang bersifat variabel maupun tetap sedangkan pada metode variabel costing biaya produksi yang diperhitungkan hanyalah yang bersifat variabel saja.
Dengan menentukan harga pokok produksi pesanan maka perusahaan dapat mengetahui biaya produksi yang akan dikeluarkan maka perusahaan dalam menentukan harga jual dari suatu pesanan sesuai dengan biaya produksi yang telah dikeluarkan untuk memproduksi pesanan tersebut. Dalam mendapatkan laba
 yang diinginkan oleh perusahaan dapat optimal karena harga jual yang dibebankan kepada pemesan ditentukan oleh besarnya biaya oroduksi yang dikeluarkan untuk memproduksi pesanan tersebut. Berdasarkan uraian diatas maka penulis memilih judul “PERHITUNGAN HARGA POKOK PESANAN PAKAIAN ANAK-ANAK UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL PADA PERUSAHAAN KONVEKSI ATIK”.

1.2  Rumusan Masalah

Masalah yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah :
1.      Bagaimana perhitungan harga pokok pesanan produk baju anak-anak pada perusahaan konveksi Atik ?.
2.      Perbandingan perhitungan harga pokok pesanan yang diterapkan perusahaan dengan metode full costing dalam penentuan harga jual?.

1.3  Batasan Masalah

Dalam penulisan ini, penulis membatasi perhitungan harga pokok pesanan untuk baju anak perempuan berdasarkan pesanan pada bulan Januari 2003. Metode yang dipakai dalam perhitungan harga pokok pesanan adalah yang diterapkan diperusahaan selanjutnya dibandingkan dengan metode full costing.

1.4  Tujuan Penulisan

Berdasarkan uraian diatas, tujuan penulisan ini adalah :
1.      Untuk mengetahui besarnya harga pokok pesanan baju anak perempuan yang diterapkan oleh perusahaan konveksi Atik.
2.      Untuk membandingkan perhitungan harga pokok pesanan baju anak perempuan yang diterapkan oleh perusahaan konveksi Atik dengan metode full costing dalam penentuan harga jual pesanan.

1.5  Metode Penelitian

Dalam penelitian ilimiah ini data dikumpulkan dengan metode sebagai berikut :
1.      Library research (penelitian kepustakaan).
Pada metode ini data dikumpulkan dengan cara membaca dan mempelajari bahan kepustakaan yang ada, berupa buku-buku ilmiah, buku-buku wajib atau berbagai sumber bacaan yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas oleh penulis.
2.      Field research (penelitian lapangan), dengan cara :
·         Observasi : dilakukan denagan mengadakan tinjauan langsung ke         perusahaan.
·         Wawancara : dilakukan dengan mengadakan tanya jawab secara langsung dengan pihak perusahaan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar