Post Icon

jurnal 2


Analisis 2

Tema : perhitungan harga pokok produksi dan pesanan
Pengarang; Priska Peronika, 21299465
Judul : PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PESANAN PADA  BUTIQUE PURI COLLECTION DENGAN METODE FULL COSTING.


        Untuk mengambil harga pokok pesanan dan harga jual suatu perusahaan hendaklah terlebih dahulu merencanakan dengan matang untuk apa harga pokok pesanan tersebut. Sehingga diketahui kesempatan dimasa depan dengan kebijaksanaan keputusan apa yang terbaik bagi perusahaan.
        Harga pokok pesanan menunjukan salah satu fungsi manajemen yang sangat penting harga pokok pesanan adalah pengumpulan biaya produksi yang digunakan oleh perusahaan yang mengelola produksinya secara pesanan.
        Oleh karena itu harga pokok pesanan hubungannya antara biaya dan volume sangat penting biaya menentukan harga jual yang dikehendaki, harga jual mempengaruhi volume penjualan.
        Harga pokok produksi merupakan perencanaan jangka panjang atau dalam dalam suatu periode akuntansi tertentu dengan berdasarkan biaya-biaya yang terjadi didalam perusahaan.      

Daftar pustaka ( 1990 – 1993 )

 

1.1 Latar Belakang Masalah

      Perusahaan adalah suatu badan usaha atau kumpulan dari organisasi produksi yang memproduksi suatu hasil yang berupa barang atau jasa yang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.Telah kita ketahui bahwa  setiap perusahaan dari berbagai jenis mempunyai motif ekonomi yang sama yaitu berusaha mengeluarkan pengorbanan yang serendah-rendahnya dengan maksud untuk memperoleh laba yang setinggi-tingginya, untuk dapat meningkatkan secara efisien dan ekonomis. Dengan menjalankan perusahaan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan perusahaan. Perkembangan ekonomi yang cukup pesat mengakibatkan timbulnya persaingan dalam mempertahankan kondisi suatu perusahaan.Agar dapat bersaing perusahaan akan berusaha menghasilkan suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, baik kuantitas maupun kualitas. Selain itu harga produkpun harus dapat dijangkau oleh daya beli masyarakat.

Masalah yang tak terlepas dari hal tersebut adalah masalah perhitungan harga pokok yang dijalankan oleh suatu perusahaan. Penentuan harga pokok juga berpengaruh pada harga jual. Karena itu perusahaan perlu mengetahui harga pokok produksi secara tepat, dengan demikian biaya-biaya yang tidak pada tempatnya dapat dengan mudah dikontrol dan dihindarkan, sehingga perusahaan tersebut dapat bekerja secara efisien dan efektif untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain yang memproduksi barang sejenis.

      Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dengan ini penulis memutuskan untuk mengambil judul penulisan
“PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PESANAN PADA BUTIQUE PURI COLLECTION DENGAN METODE FULL COSTING”.

      Penulis memilih perusahaan yang mengelola pakaian jadi sebagai obyek penelitian sebab dalam menetapkan harga pokok hasil produksinya mempunyai karakteristik tersendiri, yang pada gilirannya dapat ditentukan harga jual untuk setiap jenis pakaian.

1.2  Perumusan Masalah dan Batasan Masalah
      Pada rumusan masalah dalam penulisan ini penulis akan membahas :
1.      Berapa harga pokok produksi produk baju kerja pada BUTIQUE PURI COLLECTION ?
2.      Berapa harga jual praduk baju kerja agar menghasilkan laba yang telah dianggarkan oleh perusahaan ?
     Karena BUTIQUE PURI COLLECTION banyak memproduksi jenis-jenis pakaian jadi seperti busana muslim, baju kerja, baju anak-anak beserta perlengkapannya, maka untuk kepentingan penulisan ilmiah ini penulis membatasi :
1.      Hasil produksi yang dihasilkan adalah baju kerja.Pada contoh kasus yang akan diuraikan, pesanan 50 produk baju kerja adalah baju kerja yang sejenis, sehingga harga perunitnya sama.
2.      Data keuangan produk baju kerja yang digunakan yaitu tahun 2002.
3.      Menggunakan metode Full Costing.

1.3. Tujuan Penulisan
            Dari judul yang telah penulis ambil, maka tujuan dari  penulisan ilmiah ini adalah :
1.      Untuk mengetahui berapa harga pokok produksi produk baju kerja pada BUTIQUE PURI COLLECTION.
2.      Untuk mengetahui berapa harga jual produk baju kerja agar menghasilkan laba yang telah dianggarkan oleh perusahaan.



1.4. Metode Penulisan
                  Metode penulisan yang digunakan penulis dalam rangka untuk memperoleh data guna menyusun penulisan ilmiah ini adalah sebagai berikut :
Riset Lapangan
         Riset lapangan dilakukan untuk mendapatkan imformasi praktis berdasarkan kenyataan yang ada.Dimana penulis mengadakan penelitian langsung dalam  perusahaan.
                                                                                               
Riset Kepustakaan. 
        Dimana dalam  mendapatkan teori-teori yang mendasari penelitian, penulis membaca dan mempelajari buku-buku, catatan-catatan kuliah yang berhubungan dengan bidang yang dibahas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar