Post Icon

etika menulis di internet

ABSTRAK
Pada saat ini internet sangat diperlukan bagi semua kalangan,baik untuk mencari berita, informasi, pengetahuan, saling bertemu teman lama , untuk berbisnis dan masih banyak lagi. Tetapi tanda kita sadari banyak hal yang kita tidak pahami bagaimana cara menulis di internet dengan menggunakan etika yang baik. Etika menulis di internet adalah faktor utama dalam menulis di internet, karena jika tidak menggunakan etika yang benar akan menganggu banyak orang yang mengaksesnya. Dan kita harus bisa lebih bijaksana lagi dalam menulis di internet agar informasi nya dapat bermanfaat bagi semua orang.

PENDAHULUAN
Pada zaman sekarang teknologi sudah berkembang dengan pesat, dengan teknologi kita bisa melakukan apapun yang kita cari, yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat teknologi dan informasi berkembang banyak cara yang dapat digunakan dengan mengeluarkan pendapat atau opini salah satunya menulis. Namun, masih ada aspek yang belum ditahui masyarakat, terutama mengenai etika menulis di internet. Etika menulis di internet atau opini seseorang mengenai aturan atau sopan santun di dalam dunia maya. Aturan aturan tersebut harus dapat dipahami oleh setiap individu. Tetapi masih banyak kita temui menulis tanpa menggunakan aturan, sopan santun yang semestinya. Banyak yang tidak mau ambil pusing dalam mempublish tulisan, gambar, email, video atau yang lainnya dengan tidak menggunakan aturan kode etik yang berlaku.padahal, semua orang dapat membaca artikel tersebut. Tentu saja, jika ada artikel yang berisi pesan yang negatif, dan berdampak merugikan bagi banyak orang, maka secara tidak langsung pesan tersebut akan mengarahkan para pembaca pada sesuatu yang tidak baik juga. Seperti yang kita ketahui, pola pikir  setiap manusia memang berbeda-beda. Oleh karena itu tidak ada salahnya membuat suatu tulisan dengan menggunakan etika yang baik dan benar agarbisa berguna baik oleh pembacanya.

LANDASAN TEORI
Pengertian etika
Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral. Kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlaq. Nilai mengenai benar atau salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat.
menurut kamus besar Bahasa Indonesia ,1989 , etika adalah suatu ilmu yang membahas tentang bagaimana dan mengapa kita mengikuti suatu ajaran moral tertentu atau bagaimana kita harus mengambil sikap yang bertanggung jawab berhadapan dengan berbagai ajaran moral.
 Pengertian Internet
Meskipun dewasa ini penggunaan internet sudah sangat meluas dan tak hanya kalangan berada. Bahkan masyarakat dengan latar belakang pendidikan rendah pun tak asing mengakses dengan yang namanya internet. Itu karena semakin mudahnya dalam mengakses internet baik itu melalui handphone ataupun sebuah warnet.
Internet ( inteconnection networking) adalah sistem global sluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet protocol suite ( TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna diseluruh dunia.
Ini adalah jaringan yang terdiri dari jutaan jaringan pribadi, umum, akademik, bisnis, dan jaringan pemerintah, dari lokasi ke lingkup global, yang dihubungkan oleh sebuah kode array yang luas dari teknologi jaringan elektronik, nirkabel ,dan optik. Internet juga didefinisikan sebagai interkoneksi seluruh dunia komputer dan jaringan komputer yang memfasilitasi sharing atau pertukarang informasi diantara pengguna.

Pengertian internet menurut para ahli :
-          Lani Sidharta, menyatakan bahwa internet adlah suatu interkoneksi sebuah jaringan komputer yang dapat memberikan layanan informasi secara lengkap. Dan terbukti bahwa internet dilihat sebagai media maya yang dapat menjadi rekan bisnis,politik,sampai hiburan. Semuanya disajikan lengkap dalam media ini
-          Khoe Yao Tung, menyatakan bahwa internet adalah jaringan satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet diseluruh dunia
METODOLOGI PENELITIAN
Menggunakan data sekunder karena data diambil dari beberapa buku dan beberapa referensi lainnya di internet.

PEMBAHASAN
Dalam penulisan ini akan membahas mengenai Etika Menulis di Internet. Ternyata, dalam menulis di internet, kita dihadapkan pada aturan-aturan yang wajib kita patuhi sebagai syarat untuk menulis di internet. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tips dibawah ini :
Tips menulis di internet :
1. Tidak mengandung unsur SARA
2. Jangan pernah menggunakan kata kasar atau menyinggung perasaan seseorang
3. Tulisan yang dibuat bukan hasil plagiat
4. Menggunakan kalimat sesuai EYD
5. Tulisan haruslah fakta bukan kebohongan
6. Menulis untuk memberikan informasi yang berguna bagi pembacanya
7. Tidak menulis sesuatu yang bersifat negatif dan menimbulkan provokas
 
  10 etika dalam menulis di internet :
1.      Jagalah kehormatan diri Anda di Internet sebagaimana Anda menjaganya dalam kehidupan nyata. Jangan hanya karena Anda merasa tidak dikenali lalu berlaku kasar atau tidak pantas.
2.      Ingatlah bahwa di Internet Anda berhubungan dengan manusia, bukan Cuma komputer. Perlakukanlah mereka sebaik perlakuan yang anda inginkan dari mereka. Bisa juga dibalik. Perlakuan yang Anda terima akan sepadan dengan cara anda memperlakukan mereka.
3.      Jangan memboroskan bandwidth dan waktu akses dengan mengirim grafik, gambar dsb. Kecuali memang tak terhindarkan.
4.      Jangan terdorong untuk selalu kontroversial. Dunia ini sudah penuh keragaman. Hargailah pendapat orang lain dan jangan memaksakan pendapat. Jangan memulai atau memprovokasi pertengkaran yang dapat dihindarkan atau dihentikan.
5.      Berbagilah pengetahuan yang berharga. Internet akan berkembang terus dan akan semakin mudah diakses. Saling berbagilah untuk meningkatkan kualitas diri.
6.      Hindarkan anak anak dari informasi yang belum sesuai bagi pertumbuhannya. Internet adalah sumber informasi tanpa batas dan sangat mudah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan. Awasilah bagaimana anak Anda menggunakan internet.
7.      Jangan melanggar hukum. Hukum yang berlaku didunia nyata, banyak yang juga berlaku di Internet, termasuk hak perorangan, kecurangan dan penyesatan, hak cipta dan merk, gangguan, hujatan dan masalah kerahasiaan. Berlaku wajarlah seperti didunia nyata.
8.      Hormatilah privasi peserta lainnya. Jangan menyebar e-mail address seseorang tanpa ijin, seperti halnya kita tidak meyebarkan nomor telepon seseorang semaunya. Juga jangan mendaftarkan email orang lain ke milis atau newsgroup tanpa seijinnya.
9.      Jangan memanfaatkan keberadaan anggota group untuk tujuan lain. Keberadaan banyak orang di Internet memang dapat dimanfaatkan untuk bisnis, tetapi tidak semua milis atau news group pantas untuk itu.
10.  Siaplah memaafkan kesalahan seseorang. Internet dihuni banyak orang, bukan komputer. Dan manusia dapat saja berbuat salah. Lakukan pembetulan seperlunya dan jangan segan untuk bertanya atau minta bantuan.
Di Indonesia aturan atau kaidah hukum mengenai etika menulis di internet pun sudah di undang-undangkan yang ditetapkan tahun 2008. Aturan itu adalah Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau (UU ITE). Pada UU ITE perbuatan yang dilarang menyangkut isi tulisan tertuang pada BAB VII pasal 27 ayat 1 sampai 4 dan pasal 28 ayat 1 dan 2.
Pasal 27
Ayat (1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/ataumembuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

Ayat (2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan perjudian.

Ayat (3) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/ataumembuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulannya adalah kita harus lebih bisa bijak dalam menulis di internet, dengan menggunakan etika yang baik. Karena tanpa kita ketahui semua orang bisa membaca tulisan yang telah di posting. Dan bisa sangat menganggu jika tulisannya tidak menggunakan etika.
Sarannya dengan penjelasan bagaimana cara etika menulis di internet seharusnya bisa lebih baik lagi dengan menulis di internet. Agar bisa bermanfaat bagi pembacanya. Karena setiap manusia mempunyai pola fikir yang berbeda. Tidakada salah nya jika menulis dengan menggunakan etika yang benar. Etika yang harus diperhatikan adalah sebaiknya mempublikasinya tidak mengandung SARA, tidak berbau pornografi, tidak melanggar hak cipta, menggunakan inisial agar tidak mencemarkan nama baik sang pelaku yang ditulis.memang tidak ada sanksi yang berlakum hanya ada sanksi moral yang mungkin akan dikucilkan. Oleh karena itu harus bisa memikiran dahulu sebelum menulisnya di internet.

DAFTAR PUSTAKA
http://ferdianrikudo.wordpress.com/2012/10/18/etika-menulis-di-internet/
pitikkedu.net
caramembuatada.blogspot.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar