Post Icon

etika bisnis

ABSTRAK
Banyak sekali kita temui bisnis pada saat ini,baik bisnis usaha besar maupun bisnis usaha kecil-kecilan . tetapi masih banyak yang belum menerapkan etika berbisnis. Padahal etika berbisnis kunci utamanya adalah mempunyai etika bisnis agar usaha nya mendapatkan keuntungan yang besar. Dan mempunyai pelanggan yang lebih banyak lagi.

PENDAHULUAN
Perkembangan bisnis di Indonesia maju pesat seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi. Bisnis merupakan aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan sehari-hari dan sudah menjadi rutinitas bagi kalangan yang menjalankan usaha bisnis. Dengan usaha yang giat dalah rangka mencari keuntungan semaksimal mungkin, para pengusaha bisnis mencari akal agar bisnis nya bisa mendapatkan keuntungan yang di targetkan .
Sangat disayangkan, diantara bisnis-bisnis yang menghasilkan keuntungan ternyata masi banyak yang mengacuhkan pada etika bisnis yang tepat, seperti tidak memperhatikan kepuasan para konsumen terhadap produk yang dijual.
Dalam etika berbisnis masih banyak para pelaku bisnis yang belum memahami bagaimana cara melakukan etika bisnis yang baik. Dan tidak jarang para pelaku bisnis melakukan kecurangan dalam berbisnis da hanya mencari keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa melihat dari sisi konsumennya.para pebisnis hanya ingin melakukan keuntungan yang sangat besar dengan melakukan apapun baik yang beretika maupun yang tidak memiliki etika.

Dalam penulisan ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai etika bisnis yang seharusnya dijalannkan dengan baik.
LANDASAN TEORI
Pengertian Etika
Etika berasal dari kata Yunani Kuno yaitu “Ethikos”, berarti timbul dari kebiasaan”. Etika adalah cabang utama filsafat yang mempelajari nilai dan kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.
Dibawah ini merupakan definisi etika menurut para ahli :
-          Menurut Kamus Besar B.Indonesia (1995) Etika adalah nilai mengenai benar atau salah yang dianut golongan masyrakat
-          Menurut Maryani & Ludigdo ( 2001) “etika adalah seperangkat aturan atau norma atau pedoman yang mengatur perilaku manusia, baik yang harus ditinggalkan yang dianut oleh sekelompok atau segolongan masyarakat atau profesi”.
-          Menurut White ( 1993) Etika adalah cabang filsaafah yang berkaitan dengan kebaikan moral dan menilai tindakan manusia.
Dari definisi-definisi yang telah di uraikan , maka dapat disimpulkan bahwa etika adalah suatu aturan atau pedoman yang mengatur dan menilai perilaku manusia, baik perilaku yang harus ditinggalkan maupun perilaku yang harus dilakukan.
Pengertian Bisnis
Definisi menurut para ahli :
-          Hust, T Chwee ( 1990)
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua akttifitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam ekhifupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat ( Bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society )
-          Steinford ( 1979)
“business in a institution which produces goods and services demanded by people”. Artinya bisnis ialah suatu lembaga  yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.

Pengertian etika bisnis
Definisi menurut para ahli :
-          Menurut Brown dan Petrello ( 1976) etika bisnis : “Business is an instituation which produces goods and service demanded by people” yang berarti bahwa bisnis ilaha suatu lembaga yang menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.
-          Menurut Velasquez ( 2005) etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi para standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, instutusi, dan perilaku bisnis.
Jadi dapat disimpulkan bahwa etika bisnis merupakan studi formal dan bagaimana standar itu diterapkan ke dalam sistem dan organisasi yang digunakan masyarakat modern untuk memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa dan diterapkan kepada orang-orang yangada di dalam organisasi.

Metodologi penelitian

Menggunakan data primer
Data primer diperoleh secara langsung terhadap objek dimana data diperoleh langsung dari informasi melalui wawancara dan hasil yang diperoleh dengan meneliti tempat tersebut.
Menggunakan data sekunder
Data sekunder adalah data yang diambil dari beberapa buku dan referensi lainnya yang berhubungan dengan etika bisnis.

Pembahasan
Contoh kasus dalam etika bisnis yang diangkat adalah mengenai usaha bisnis harian adalah “usaha penjualan bakso dengan menggunakan borax “
Jenis usaha untuk menunjang kehidupan banyak sekali kita ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya mendatangkan keuntungan besar, namun tidak sedikit pula yang menjalankan usaha kecil- kecilan.
Salah satu jenis usaha yang sering kita temui hampir disetiap pinggir jalan adalah usaha bakso yang tidak jarang menggunakan bahan kimia yang bernama Borax dan formalin.
Boraks berasal dari bahasa arab yaitu Bouraq. Merupakan kristal lunak yang mengandung unsur boron, berwarna dan mudah larut dalam air..borak merupakan senyawa kimia berbahaya untuk pangan dengan nama kimia natrium tetrabonat ( NaB407 10H20 ).dapat dijumpai dalam bentuk padat dan jika larut dalam air akan menjadi natrium hidroksida dan asam borat ( H3BO3).
Borax merupakan garam natrium yang banyak digunakan di berbagai industri non pangan, khususnya industri kertas, gelas, pengawet kayu, dan keramik. Borax biasa berupa serbuk kristal putih, tidak berbau, mudah larut dalam air, tetapi borakks tidak larut dalam alkohol. Boraks biasa digunakan sebagai antiseptik kayu. Daya pengawet yang kuat dari borax berasal dari kandungan asam borak didalamnya.
Tanda- tangan dan gejala akut yang sering ditemui adalah : muntah-muntah,diare, konvulsi, dan depresi SSP ( susunan syaraf pusat)
Tanda tanda dan gelaja kronis yaitu :
-          Tidak nafsu makan
-          Gangguan pencernaan
-          Gangguan SPP : bingung dan bodoh
-          Anemia, rambut rontok dan kanker
Sedangkan formalin merupakan cairan tidak berwarna yang digunakan sebagai desinfektan, pembasmi serangga, dan pengawet yang digunakan dalam industri tekstil dan kayu. Formalin memiliki bau yang sangat menyengat, dan mudah larut dalam air maupun alkohol. Beberapa pengaruh formalin terhadap kesehatan adalah sebagai berikut :
a.       Jika terhirup akan menyebabkan rasa terbakar pada hidung dan tenggorokan, sukar bernafas, nafas pendek, sakit kepala, dan dapat menyebabkan kanker paru-paru
b.      Jika terkena kulit akan menyebabkan kemerahan pada kuit, gatal, dan kulit terbakar
c.       Jika terkena mata akan menyebabkan mata memereah, gatal, berair, kerusakan mata, pandangan kabur, bahkan kebutaan.
d.      Jika tertelan akan menyebabkan mual, muntah-muntah , perut kerasa perih, diare, sakit kepala, pusing , gangguan jantung, kerusakan hati, kerusakan saraf, kulit membiru, hilangnya pandangan, kejang, bahkan kematian.

Ciri bakso yang berformalin :
-          Kenyal
-          Awet, setidaknya pada suhu kamar bisa tahan selama 5 hari

Ciri bakso yang berboraks :
-          Lebih kenyal dibanding bakso tanpa boraks
-          Bila digigit akan kembali ke bentuk semula
-          Tahan lama dan awet beberapa hari
-          Warnanya tampak lebih putih, bakso yang aman akan berwarna abu-abu
-          Segar merata disemua bagian. Baik dipinggir maupun ditengah
-          Bau tidak terasa alami, ada bau lain muncul
-          Bila dilempar ke lantai akan memantul seperti bola bekel

Sebenarnya pemerintah sudah berusaha mengambil tindakan, yaitu dengan melalui Badan Pengawasan Obat dan Makanan ( BPOM). Beberapa langkah sudah diambil oleh BPOM seperti : melarang panganan permen merek white rabbit creamy, kiamboy, classic cream, black currant dan masih banyak lagi. Tetapi itu hanya dilakukan di swalayan atau dipasar-pasar. Tetapi razia juga harus dilakukan pada yang memproduksi sendiri itu lebih sering yang menggunakan bahan pengawet boraks dan formalin .

Kesimpulan dan saran
Kesimpulannya dari kasus tersebut adalah etika bisnis dalam dunia bisnis harus dijalankan. Karena dengan adanya etika berbisnis yang baik, usaha yang dilakukan akan semakin meningkat baik laba maupun pangsa pasarnya. Para pebisnis juga harus lebih memperhatikan komposisi produknya apakah layak djual atau tidak.
Sarannya kepada pelaku bisnis, jangan hanya mencari keuntungan semata, tetapi tidak memikirnya kerugian pada konsumennya. Dalam berbisnis, etika bisnis adaalah kunci utama untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Dengan sikap yang jujur ,sopan dan memberikan hak yang layak untuk para konsumennya agar lebih puas dengan kinerja dan pelayanan yang diberikan oleh pengusaha tersebut.



Daftar pustaka
Sarrahceria.blogspot.com
Herina-br-blogspot.com
Gasloy.blogspot.com
Handyleonardoetikabisnis.blogspot.com



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar