Post Icon

kenaikan BBM (tugas softskill pendidikan kewarganegaraan )

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Suatu hari saya membaca koran. dalam berita tersebut menjelaskan mengenai kenaikan BBM yang akan dinaikan pada tanggal 1 April 2012. Dalam berita tersebut banyak masyarakat yang menolak kenaikan BBM. Ribuan angkutan umum bisa menjadi korban seiring dengan rencana pemerintah menaikkan harga bahan minyak minyak bersubsidi pada April mendatang.
Kenaikan harga BBM ini, seperti yang disampaikan oleh pemerintah, memang tidak bisa dihindarkan. Mengingat harga minyak dunia sudah melambung tinggi dan sangat berat bagi APBN untuk menopang subsidi. Padahal, kebanyakan masyarakat penerima subsidi BBM ini adalah masyarakat golongan mampu.

1.2 Identifikasi Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang permasalahan diatas , maka masalah dapat di identifikasikan sebagai berikut :
1. Bagaimana cara mengatasi kenaikan BBM yang banyak di tolak masyarakat ?

1.3 Perumusan Masalah
Berdasarkan penjelasan dari latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan sebagai berikut :
“ Tak di beri Subsidi BBM, ribuan angkutan umum bakal mati “

1.4 Kegunaan Penulisan
Karya tulis ini berguna sebagai :
1. Penulis dapat mengetahui alasan kenapa banyak yang tidak setuju dalam kenaikan BBM terutama angkutan umum ?
2. Sebagai bahan referensi bagi para pembaca, untuk memilih masa depan yang akan mereka pilih.



BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Penjelasan Avgas ( Aviation Gasoline )


Bahan bakar minyak ini merupakan BBM jenis khusus yang dihasilkan dari fraksi minyak bumi. Avgas di desain untuk bahan bakar pesawat udara dengan tipe mesin sistem pembakaran dalam, mesin piston dengan sistem pengapian.

2.2 Penjelasan Avtur ( Aviation turbine )

Bahan bakar minyak ini merupaka BBm jenis khusus yang dihasilkan dari fraksi minyak bumi. Avtur di desain untuk bahan bakar pesawat udara dengan tipe mesin turbin .

2.3 Penjelasan Bensin

Jenis bahan bakar minyak bensin merupakan nama umum untuk beberapa jenis BBM yang di peruntukan mesin dengan pembakaran dengan pengapian. Di Indonesia terdapat beberapa jenis yang memiliki nilai mutu yang berbeda. Nilai mutu jenis BBM bensin ini dihitung berdasarkan nilai RON (Randon OtcaneNumber ) . Berdasarkan RON tersebut makan BBM bensin dibagii menjadi 3 yaitu :
- Premium : premium adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Warna kuning tersebut akibat adanya zat pewarna tambahan, penggunaan premium pada umumnya adalah bahan bakar kendaraan bermotor bermesin bensin, seperti : mobil, sepeda motor, motor tempel, dan lain-lain. Bahan bakar ini sering juga disebut motor gasoline atau petrol.
- Pertamax : ditujukan untuk kendaraan yang mempersyaratkan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi dan tanpa timbal (unleaded). Pertamax juga direkomendasikanuntuk kendaraan yang diproduksi diatas tahun 1990 terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection.
- Pertamax Plus : jenis BBM ini telah memenuhi standar performance internasional world wide fuel charter. Ditujukan untuk kendaraan yang bertekhnologi mutahiryang mempersyaratkan penggunaan bahan bakar beroktan tinggidan ramah lingkungan .



BAB III
METODE PENELITIAN


Dalam bab ini akan di kemukakan tujuan penelitian, tempat/waktu, metode penelitian, fokus penelitian, objek penelitian, instrument penelitian, teknik analisis penelitian dan analisis data.

3.1 Tujuan Penelitian
Penulis ingin mengetahui apakah kenaikan BBM berdampak buruk terhadap angkutan umum karena para angkutan umum sangat menolak kenaikan harga BBM

3.2 Metode Penelitian
melihat kutipan berita dari koran serta kutipan langsung dari pengamat transportasi dengan objek penelitian .

3.3 Waktu dan Tempat Penelitian
Penulisan karya tulis ini bergantung pada waktu dan tempat penelitian, karena penelitian ini dilakukan ketika acara berlangsung, serta bertemu langsung dengan narasumber.

BAB IV
HASIL PENELITIAN


4.1 Deskripsi Data
Ribuan angkutan umum bisa menjadi korban seiring dengan rencana pemerintah menaikkan harga bahan minyak minyak bersubsidi pada April mendatang. Angkutan umum terancam merugi, bahkan bangkrut, jika pemerintah tidak memberikan subsidi untuk angkutan umum.
Seperti pernyataan dari pengamat transportasi dari Universitas Soegijapranata bapak Djoko Setijowarno dalam berita kompas hari minggu tanggal 11 maret 2012 yaitu "Jika sungguh-sungguh pemerintah tak memberikan subsidi BBM buat angkutan umum perkotaan, puluhan ribu angkutan umum akan mati di seluruh Indonesia,"
Jika angkutan umum merugi, bahkan mati, angka pengangguran pun akan meningkat. Begitu pula dengan angka kemiskinan. Ini bisa terjadi karena subsidi BBM cukup memberikan andil besar dalam biaya operasi kendaraan.
Djoko menyebutkan, subsidi BBM mempengaruhi 25-30 persen biaya operasi kendaraan, khususnya untuk besaran tarif dan suku cadang. Sementara itu, komponen fiskal, seperti pajak, sangat kecil pengaruhnya bagi biaya operasi kendaraan.
Oleh sebab itu, Djoko menegaskan bahwa ”angkutan umum harus mendapatkan subsidi BBM jika harga BBM bersubsidi nanti naik. Subsidi juga harus diberikan bagi angkutan barang untuk mengantisipasi kenaikan harga barang. Belum lagi sejumlah angkutan barang yang mengangkut komoditas sembako yang juga tak dapat subsidi, dipastikan ongkos barang naik, harga barang meningkat sehingga menurunkan daya beli masyarakat”.
Sebelumnya telah diwartakan, pemerintah berjanji akan memberikan kompensasi bagi angkutan umum agar tarif angkutan tidak naik jika harga BBM dinaikkan. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana, di Jakarta, Kamis 8 maret 2012 , mengatakan, pemerintah mengalokasikan kompensasi sebesar Rp 5 triliun. Ini semacam pagu kompensasi yang dialokasikan pemerintah khusus untuk angkutan umum. "Begitu harga BBM akan dinaikkan, diperlakukan itu (kompensasi)”.


BAB V
PENUTUP


5.1 kesimpulan
Bahwasanya dari wacana di atas, para angkutan umum memang paling berdampak buruk jika harga BBM naik , memang seharusnya pemerintah bisa memberi dana subsidi kepada masyarakat yang kurang mampu atau menengah kebawah agar keputusan kenaikan BBM bisa di sepakati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

5.2 Saran
Jika memang pemerintah akan memberikan subsidi ,jangan sekedar omongan saja , masyakarat hanya butuh kebenarannya saja . semoga masyarakat Indonesia bisa saling mengerti dalam hal kebijakan kenaikan BBM ini .


Daftar Pustaka

http://www.bphmigas.go.id/p/bphmigaspages/bbm/jenis_bbm.html
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/03/12/09281951/Tak.Diberi.Subsidi.BBM.Ribuan.Angkutan.Umum.Bakal.Mati


Triana Martya Sari – 19210343 (2EA17)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar