Post Icon

artikel manajemen konflik

Dalam interaksi dan interelasi sosial antar individu atau antar kelompok, konflik sebenarnya merupakan hal yang biasa. Dahulu konflik dianggap sebagai gejala atau fenomena yang tidak wajar dan berakibat negatif, tetapi sekarang konflik dianggap sebagai gejala yang wajar yang dapat berakibat negatif maupun positif tergantung bagaimana cara mengelolanya.
pimpinan atau manajer tidak hanya wajib menekan dan memecahkan konflik yang terjadi, tetapi juga wajib untuk mengelola/memanaj konflik sehingga aspek-aspek yang membahayakan dapat dihindari dan ditekan seminimal mungkin, dan aspek-aspek yang menguntungkan dikembangkan semaksimal mungkin.
sebenarnya faktor konflik itu bisa karena manusianya atau juga karena organisasi tersebut . kalo dalam manusianya biasanya memiliki ego yang tinggi, atau juga bisa karena atasannya yang agak beda dalam cara kepemimpinanya , nah kalo dari organisasinya biasa persaiangan dalam uang, material .
tapi dalam manajemen konflik itu ada dampak positif atau negatifnya juga .
kalo dampak positifnya bisa ngelakuin adaptasi atau perubahan dalam lingkungan tersebut , menghidupkan suasana dalam organisasi tersebut . kalo dampay negatifnya bisa ngeganggu konsentrasi , mengganggu juga kerjasama dalam organisasi tersebut .
jadi menurut saya sih wajar adanya manajemen konflik, kalo gada konflik kurang rame , atau ga greget aja gitu dalam lingkungan itu .

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar